Selasa, 14 Juni 2016

PANDAN CHIFFON CAKE

Selain bolu sarang semut, ini bolu kesukaan kami pandan chiffon cake.. Cake ini lembuttttt banget, ga bisa kalau cuma makan satu potong saja. hehee....

Kuncinya bikin pandan chiffon cake ini adalah teknik kocok putih telurnya harus tepat sampai mengembang, kemudian teknik ngaduk terigunya harus dengan teknik aduk balik, kalau ga nanti cakenya jadi bantet..

Oya selain itu, untuk memisahkan kuning dan putih telur ada baiknya pakai telur yang dingin dari kulkas, sehingga terpisah secara sempurna, setelah itu bisa didinginkan pada suhu ruang.

RESEP PANDAN CHIFFON CAKE
(Sources: Mba Endang Just try and taste)



Resep:
6 butir kuning telur
225 gr tepung terigu protein rendah/ 180 gr tepung terigu protein sedang + 45 gr maizena
1 sdm baking powder
180 ml air + 2 sdr pasta pandan
1 sdt vanila ekstrak
250 gr gula halus
120 ml minyak sayur
1/2 sdt garam
7 butir putih telur
50 gr gula halus
1/2 sdt cream of tartar

Cara membuat:
1. Kocok tepung terigu, baking powder, gula halus, dan garam menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja asal rata. Kemudian buat lubang di bagian tengahnya, lalu masukkan kuning telur, air+pasta pandan, dan minyak, lalu mixer kembali dengan kecepatan sedang sampai rata.
2. Pada wadah yang lain, kocok putih telur menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sebentar saja sampai berbusa. masukkan cream of tartar kemudian kocok kembali dengan kecepatan tinggi hingga putih telur kaku dan mengembang.
3. campurkan sebagian adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk dengan teknik aduk balik. Campur adonan sisa secara bertahap.
4. masukkan ke dalam loyang dan panggang ke dalam oven pada suhu 170 derahat C selama 50 menit dengan api atas dan bawah (sebelumnya oven telah dipanaskan)
5. setelah matang segera balikkan kue dengan teknik seperti ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar