Kamis, 17 Desember 2015

BANANA CAKE

Menurut saya, kalo yang namanya pisang mau dimakan langsung, mau dibuat toping, mau dibuat bolu, mau dibuat apapun saya suka (*monyet kali ya :D)

Kali ini mumpung ada pisang ambon di rumah, dicoba lah bikin banana cake yang hemat bahan. hehe...

Berhubung saya penggemar sponge cake, jadinya bolu-bolu yang saya buat itu pasti sponge cake. hehe...


RESEP BANANA CAKE

Bahan:
1. 3 butir telur ukuran sedang atau besar
2. 75 gr gula pasir
3. 180 gr pisang ambon (dihaluskan dengan sendok saja)
4. 150 gr tepung terigu protein sedang
5. 60 gr mentega (dilelehkan)

Cara:
1. panaskan oven pada suhu  170o C
2. kocok telur dan gula menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang (kurang lebih 10 menit)
3. masukkan pisang dan aduk rata
4. masukkan tepung terigu aduk rata dengan spatula atau kocok dengan mixer kecepatan rendah (sebentar saja hingga tercampur rata)
5. masukkan sebagian adonan dalam mentega cair dan aduk (solusi untuk meminimalisir mentega yang mengendap di adonan)
6. masukkan mentega yang telah diaduk dengan sebagian adonan ke dalam adonan sisa
7. tuang ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan terigu
8. beri toping sesuai selera (saya pakai pisang yang dibelah dua)
9. panggang dalam oven suhu  170o C selama 40 menit api atas bawah (tergantung oven masing-masing *saya pakai oven merk kirin)
10. apabila sudah matang bisa dites tusuk dengan tusuk sate, kalau tidak ada adonan yang menempel berarti bolu sudah matang
11. setelah matang, keluarkan bolu dari dalam loyang dengan cara di balik dan biarkan beberapa menit
12. bolu siap disantap :)

Selamat mencoba, happy cooking :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar