Jumat, 16 Mei 2014

kehamilan pertama yang mengharuskan di kuret

Yipiyyyyy,,, kali ini aku akan bahas mengenai kehamilan dan dokter2 kandungan yang pernah aku datangin selama masa kehamilan. kehamilanku ini di Palembang. Pindah2 dokter dimaksudkan untuk lihat dan mencari dokter yang kira2 nyaman dan enak buat diajak diskusi.
sebulan setelah menikah, alhamdulillah kami dikasih kepercayaan untuk dititipkan anugrah janin diperutku. tapi sebenernya tau hamilnya telat, karna biasanya datang bulan suka telat2 jadi cuek bebek aja kalo belum "dapet2". alhasil waktu itu si janin pernah diajak pergi ke Malaysia (Sempet ditanya lg hamil ga? dan saya jawab "nggak"), sempet diajak ke Bandung, dan lebih parah lagi diajak offroad ke salah satu perkebunan karet di Mesuji, Lampung.
setelah tau hamil dengan menggunakan testpack, kami pun pergi ke dokter kandungan untuk memastikan kebenarannya (kira2 usia kandungan 8 week). oke dokter pertama yang kami datangi adalah salah satu dokter di Klinik Bersalin Rika Amelia Km 11, dan  setelah kunjungan itu aku akhiri berkunjung kembali disana karna kurang nyaman dg dokternya.
namun pada saat usia kandungan kurang lebih 12 week, perut terasa sakit sekali, keram, sering BAK dan sakit, pinggang sakit. akhirnya kami memutuskan pergi ke dokter Asrol SpOg di RS Bunda. dokter Asrol bilang kandungan baik2 saja dan sakitnya karna kurang minum. akhirnya kembali ke rumah dan bertekad untuk banyak minum. namun ternyata banyak minum itu malah membuat srg BAK dan itu menyakitkan sekali.
selang dua hari, kami pun pergi ke RS Siti Khodijah masuk UGD dan ditangani oleh dokter Asdariah, SpOg. dilihat dari layar pas USG ternyata kandunganku kosong, saat plasenta terus membesar dan janinnya sudah tidak ada tidak sesuai dg perkembangan usia kandungan 12 week. oleh karena itu, gejala sakit itu diakibatkan plasenta yang terus membesar. dokter Asdariah menyarankan untuk segera dikuret.
Tidak hanya percaya pada satu dokter, kami pun mencari second opinion, pergilah kami ke RS Charitas, sudah menunggu lama ternyata dokter kandungan disana sedang tidak ada. namun, ada salah satu pasien yg menyarankan untuk pergi ke dokter Zailani, SpOg pemilik RSB Az-Zahra yang praktek juga di PTC. akhirnya pergilah kami kesana.
Dokter Zailani SpOG asik, ramah, dan detail menjelaskannya, rekomended ko untuk dijadikan dokter kandungan langganan. hehee... namun, berhubung tanggungan kantor bukan di RS Az-Zahra jadi kami putuskan untuk tidak menemui dokter ini lagi. uhuhuhu... oya sekalian info biaya dokter dan USG di klinik Az-Zahra kurang lebih 250 rb. lanjut ke hasil USG dokter Zailani juga sama dg dokter Asdariah, yang mengatakan kandungan ini harus dikuret. dan kami pun sepakat untuk segera melakukan kuret di RS Siti Khodijah Palembang dg dokter Asdariah SpOg (berhubung tanggungan kantor di RS Siti Khodijah. hehee).

Proses kuret mengharuskan aku untuk berpuasa dulu, karna dijadwalkan akan dikuret pukul 11, maka dari shubuh sudah mulai berpuasa. namun ternyata waktu kuret mundur jadi jam 15. alhasil kelaparan, untungnya diinfus..
proses kuret dilakukan dengan bius total dan cepat (katanya), kurang lebih 15 menit proses kuret sudah selesai. alhamdulillah tidak merasakan sakit sama sekali pasca kuret. dikarenakan sudah mengalami kontraksi pada saat sebelumnya, jadi prosesnya tidak memerlukan pembukaan jalan lahir dengan menggunakan alat laminaria (yang katanya sakit banget). yang aku ingat cuma dipasang infus, dipasang cateter, dibius, dan bangun2 sudah hilang semua sakitnya. berhubung aku sadar sekitar jam 19 malam, maka kami memutuskan untuk menginap dahulu di RS, takut terjadi apa2. oya biaya kuret kelas 1 di RS Siti Khodijah sekitar 9 juta (pasien tanggungan perusahaan, jadi kurang tau kalau pasien pribadi).
pasca kuret dokter menyarankan untuk menunda kehamilan berikutnya sekitar 3 bulan, namun kami hanya pasrah kepada Allah SWT saja akan kapan memberikan rezekinya. ternyata selang dua bulan, aku hamil lagi. horeeeee,,, cerita selanjutnya di episode berikutnya. hehehe :)
kehamilan, kuret, dokter kandungan, palembang

2 komentar:

  1. terima kasih informasinya sudah mau berbagai pengalaman ..
    salam
    http://www.tanyadok.com/tekno/kuret-apakah-itu-aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, semoga bermanfaat. dan terima kasih juga untuk link info kuretnya :)

      Hapus