Rabu, 15 Juni 2016

OGURA PANDAN CAKE

Lagi-lagi ditantang untuk bikin cake yang lagi hits di dunia per-baking-an, hehee.... karena ngelihat komen-komen orang yang menyatakan cake ini lembut, maka saya sebagai pecinta sebangsa cake lembut, chiffon cake, dll harus banget bikin cake satu ini..

Dannnnnnn,, ternyataaaa OGURA CAKE ini bakal jadi salah satu cake wajib dan sering dibikin, hehee...
ga cukup kalau cuma makan satu potong saja dan yang lebih penting Khaira Aqila n papanya suka juga, jadi ga sia-sia dong ya kalau bikin sering.


RESEP OGURA PANDAN CAKE
(Sources: @doyanbaking)


Resep:
Bahan A
5 butir kuning telur
1 butir telur utuh
40 gr minyak sayur
90 gr santan kental
90 gr tepung terigu
1 sdt pasta pandan

Bahan B
5 butir putih telur
100 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tartar/ 1 sdt air perasan jeruk nipis

Cara membuat:
1. Adonan bahan A. aduk rata kuning telur dan telur utuh, masukkan minyak sayur, santan, dan pasta pandan, aduk rata. Kemudian masukkan tepung terigu lalu aduk rata.
2. Adonan bahan B. kocok putih telur dan cream of tartar/ air perasan jeruk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai berbusa, masukkan gula, kocok sampai mengembang (soft peak)
3. masukkan adonan B ke dalam adonan A secara bertahap (bagi menjadi tiga bagian), aduk menggunakan teknik aduk balik
4. masukkan ke dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti
5. panggang dalam oven suhu 180 derajat C selama 35 menit menggunakan teknik Au Bain Marie (loyang isi adonan berada di atas loyang lain yang telah diisi air setinggi 1,5 cm)
6. Setelah matang keluarkan loyang dari oven, setelah hangat baru keluarkan cake dari loyang, kemudian dinginkan dalam cooling rack.

3 komentar: