Jumat, 26 Juni 2015

Pengalaman Menggunakan Slow Cooker Takahi 0,4 l

Saya pakai Slow cooker  karena saya working mom yg harus mengejar waktu masak, mandiin anak, beres-beres rumah,, tapi tetap berprinsip anak harus makan masakan saya. hehehe... oleh karena itu, saya beli slowcooker supaya saya yang ga bisa masak bubur pake kompor ini, tetep bisa ngasih bubur dengan praktis karena tinggal cemplung-cemplungin bahan aja :D

Kali ini saya akan memaparkan bagaimana pengalaman saya menggunakan si imut Slow Cooker Takahi 0,4 l :)


Saya beli Takahi ukuran 0,4 l karena ukurannya yang imut sehingga bisa memudahkan saya bawa kemana2 dan tentunya bisa mobile traveling tanpa harus repot bawa alat perang masak banyak..

Saya biasanya menggunakan takahi untuk memasak bubur bayi kecil saya saat mulai MPASI sampai kira2 usia 1 tahun. Takahi juga sempet beberapa kali saya bawa traveling baik menggunakan pesawat sampai perjalanan darat. karena ukurannya yg imut jadinya saya bawa aja, karena berprinsip si bayi kecil ga mau dikasih MPASI instan. hehee...

Bagaimana cara saya menggunakan Slow Cooker Takahi 0,4 l??
SC Takahi 0,4 l tidak memiliki tombol on off atau pengaturan waktu, SC tersebut hanya memiliki lampu hidup dan cara mematikannya ya dengan mencabut kabel listriknya. Oleh karena itu, kita yang harus tahu kira2 berapa lama  bubur tersebut matang dan siap dimakan.

Kalau saya biasanya malam sebelum tidur, saya sudah masukkan beras kedalam slowcooker dan direndam air atau kaldu. biasanya saya masukkan beras sekitar 2 atau 3 sendok makan dan air sekitar 1,5 cm diatas batas beras. kemudian sekitar pukul 3 pagi, saya tinggal hubungkan kabel ke listrik dan saya bisa tidur lagi. hehee... *kalau mau masukkan daging atau ayam bisa dimasukkan bareng.
Biasanya saya masak bubur membutuhkan waktu 3 jam, jadi saat bubur hampir matang baru sayuran yang telah dipotong2 kecil saya masukkan ke dalam SC tersebut. Setelah matang, bisa diberikan tergantung tekstur bayi. jika bayi masih bubur halus, tinggal dihaluskan dengan grinder atau saringan kawat, atau kalau sudah bubur biasa ya tinggal langsung diberikan.

Masak menggunakan Slow Cooker memang membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya yg slow sehingga mematangkan masakan dengan sempurna tanpa melalui pemanasan berlebih, sehingga nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, SC merk Takahi memiliki pot wadahnya yang terbuat dari tanah liat, sehingga kalau kita buka hasil masakan kita, hemmmmm wangi sekali dan rasanya enak padahal saya tidak memberikan garam maupun gula :) Oya, SC ini tidak hanya bisa digunakan untuk memasak bubur saja, tapi memasak kaldu, melembutkan daging juga bisa..

Sekian cerita menggunakan SC takahi 0,4 l. semoga bermanfaat dan semangat berMPASI ria :)

3 komentar:

  1. Harga takahi nya berapa mbak?trs nanti buat makan siang nya gmn.itu kalo udh mateng trs dicabut y..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba Octa, waktu saya beli harganya sekitar Rp. 330.000. Kalau saya sih setelah matang dicabut saja, untuk makan siang bisa dicolokin lg atau pakai water heater.

      Hapus
  2. Oke makasih mbak bermanfaat sekali saya lg mau beli jg ne...baru mau cari di toko perlengkapan bayi.kalo g ada mau pesen online

    BalasHapus