Senin, 16 Maret 2015

PERLENGKAPAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MPASI)

Mungkin saya termasuk ibu2 yang riweuh ya, mau MPASI sibuk dan heboh beli ini itu untuk perlengkapan makan anak. Namanya juga anak pertama ya, ingin memberikan yang terbaik. heheh :)

Disini saya akan ulas perlengkapan MPASI yang sebaiknya dibeli atau tidak dibeli berdasarkan pengalaman saya selama memasak MPASI untuk Khaira Aqila :)

1. HOMEMADE BABY FOOD MAKER SET
    Perangkat ini cukup efisien karena terdiri dari sendok, ulekan, mangkuk penggiles, mangkuk kecil, mangkuk agak besar, perasan buah jeruk, parutan sederhana, dan saringan. Saya beli merk Pigeon dengan harga sekitar Rp 230.000 di Zhafirah Baby Shop jalan Dr. M. Isa Palembang.
    GImana manfaatnya?? Bagi yg memiliki dana lebih silahkan beli, tapi jangan memaksakan, karena saya hanya memakai peralatan ini cukup sebentar. Kalau misalnya di rumah punya parutan buah jeruk kan bisa dipakai, di rumah punya saringan kawat juga bisa di pakai, atau di rumah punya parutan juga bisa dipakai :) atau kalau mau beli bisa jd beli aja saringan kawat, parutan buah atau keju, sama perasan jeruk, harga pasti akan lebih murah dan dapat digunakan saat anak sudah selesai MPASI :)

2. Fedding Set
    Perlengkapan fedding set ini berisi piring, mangkok, gelas, dan sendok. Ini sangat bermanfaat dan masih digunakan sampai sekarang usia anak saya 1 tahun. Saya pakai merk Pigeon, kalau harga saya ga tau soalnya kado :) untuk perlengkapan gelas, mangkok, piring yang lucu2 lainnya, itu bisa menyusul sesaat anak telah mulai MPASI sesuai kebutuhan anak :)

3. Slow cooker
    alat ini penyelamat buat saya hehe.. karena saya hanya tinggal colokin jam 3 shubuh,, jam 6 pagi sudah mateng dan wanginya harum banget. Slow cooker yang setia menemani saya selama 6 bulan saya beli merk Takahi dengan kapasitas 0,6 l. slow cooker ini saya pilih karena kecil dan bisa saya bawa kemana2. hehe.. Si Takahi ini sudah berapa kali selalu kami bawa traveling :D Takahi saya pakai sampai anak saya usia 1 tahun, karena skg sudah mulai makan nasi :)

4. Training Cup
    Training cup ini merupakan gelas dengan 4 step anak berlatih minum air dengan gelas, terdiri dari dot, sedotan, gelas berlubang kecil, sampai gelas biasa.. Saya beli merk Pigeon dengan harga sekitar Rp. 60.000. Tapi sayang, training cup ini ga kepake sama anak saya. hehee dia lebih memilih minum dari gelas dewasa daripada pakai training cup. hehe.. baguslah nak ya :)

5. Talenan dan Pisau
    Kalau barang ini saya rasa ibu2 pst pada punya kan di rumah :) kalao mau beli baru ya silahkan, tapi kalau tidak ya rapopo :) kebetulan saya ada kado nikah yg belum kepake, jd bisa dimanfaatin deh :)

6. Panci kecil
    Panci kecil ini sangat bermanfaat buat saya, karena anak saya dimasakn terpisah jd biasanya saya pakai panci kecil ini :)

7. Kukusan
     Saya sih pakai kukusan yg bisa dipakai jd panci juga, ukurannya pakai yg sedang aja, jd masih bisa dimanfaatin buat kukus mengukus :)

8. mangkok stainless steel
    Mangkok tahan panas stainless steel ini bermanfaat untuk mengukus bahan2 makanan bayi, apalagi saat bulan awal MPASI kan banyak makanan yg perlu dikukus terlebih dahulu :)

9. Saringan kawat
    kalau ibu2 ga beli babyfood maker mungkin bisa pakai saringan kawat untuk menyaring makanan bayi, saringan ini dipakai ga lama ko, paling cuma 1-2 bulan saja, selebihnya kan bayi sudah mulai naik tekstur :)

10. Grinder
       Grinder saya gunakan setelah naik tekstur dari saringan kawat, sebenernya butuh ga butuh sih,, kalau memang masih bisa diulek atau diremes2 pakai tangan sih ga apa2. hehe.. ini saya pakai mungkin hanya sekitar 1 bulan saja :D saya beli merk munckin dengan harga Rp175.000.

11. ice cube atau ice tray
     Ini sangat bermanfaat untuk menyimpan kaldu2 yang saya buat atau pure2 untuk stok MPASI di freezer :)

12. wadah2 kecil
     wadah2 kecil bertutup ini bermanfaat untuk menyimpan stok MPASI di freezer :)

13. plastik ziplock
      Saya memakai plastik ziplock ini untuk menyimpan kaldu2 dan stok2 makanan MPASI di dalam freezer agar tidak memakan tempat dan lebih rapi :) Jadi setelah stok2 kaldu atau pure membeku dalam ice cube maka saya pindahkan ke plastik ziplock *jangan lupa diberi label tanggal dan jenis ya :)

14. aluminium foil
      Aluminium foil digunakan saat mengukus makanan2 bayi :)

15. plastik wrap
      Saya gunakan untuk menutup makanan2 bayi atau mengemas dan sisa2 makanan bayi

16. termos 
      Saya pakai termos merk crown berfungsi saat membawa bekal bayi kalau lg traveling :)

17. Buku MPASI
      Panduan MPASI saya dari buku karya mamaku koki handal :) bukunya ada 3 --> MPASI perdana cihuy, 99+ Resep rumahan cihuy, dan MPASI travelling :)

   Terlihat ribeut tapi ga seribeut yg dibayangkan ko :) pakai peralatan yg dirumah pun bisa sebenernya :) inget memasak makan bayi itu, ga sesulit masak rendang padang *sampe skg saya juga belum bisa masak rendang padang :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar