Kamis, 12 Maret 2015

MANAJEMEN ASIP (Air Susu Ibu Perah)

Materi manajemen ASIP ini saya peroleh dari membaca artikel di Facebook Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) juga saya baca di buku Ayah ASI. Sangat berterima kasih kepada kedua sumber tsb yang memberikan materi ringkas dan mudah dipahami. Alhamdulillah bisa mengaplikasikan ilmu tersebut dan Khaira Aqila bisa mendapatkan haknya sampai S2 ASI, semoga bisa sampai usia 2 tahun nanti. amin :)

Manajemen ASIP yang akan saya tulis disini adalah yang saya pahami dan dapatkan dari kedua sumber tsb serta yang saya praktekan dalam memberikan ASIP kepada anak saya. cekidot...

PRINSIP DASAR ASIP
  • Semakin dingin maka semakin lama ASIP dapat disimpan --> saya biasanya simpan ASIP di freezer dengan tingkat kedinginan paling dingin :)
  • Hindari peningkatan/ penurunan suhu secara drastis --> saya menyimpan ASIP hasil pumping ke dalam cooler bag isi ice gel, setelah sampai rumah saya masukkan ke kulkas bawah terlebih dahulu, kemudian apabila untuk stok baru saya naikkan ke freezer. begitupun sebaliknya, apabila ingin mencairkan ASIP saya menyimpan ASIP beku ke kulkas bawah terlebih dahulu, setelah mencair baru diberikan ke anak saya (setelah dihangatkan)
  • ASIP beku yg sudah mencair lebih dari 50% tidak boleh dibekukan lagi
  • ASIP yg sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan kembali
  • ASIP yang masuk ke freezer hanya untuk digunakan pada waktu lebih dr 8 hari --> jadi kalau mau dipakai dlm seminggu ke depan lebih baik disimpan di kulkas bawah saja :)

DAYA TAHAN PENYIMPANAN ASIP

(Sumber: Artikel AIMI, Manajemen ASIP)

MEDIA PENYIMPANAN ASIP
  • Botol kaca --> sisa ASIP cenderung tidak menempel pada kaca, dan pastikan tertutup rapat, karena tutup botol yang terbuat dr bahan karet biasanya sering lepas
  • botol plastik atau kantong plastik --> pastikan BPA free dan memiliki mutu yg baik
  • sebelum digunakan pastikan telah dicuci bersih, direbus dengan air, atau disterilkan dengan alat steril, dan dikeringkan
  • sesuaikan takaran ASIP di botol dengan kebiasaan bayi minum --> misalkan bayi biasa minum setiap kali minum ASIP adalah 80 ml, maka ASIP yg kita masukkan jg sejumlah itu, dikarenakan agar tidak terjadi pembuangan ASIP atau penghangatan ASIP kedua kali. biasanya bayi lebih menyukai ASIP yg fresh.
MENCAIRKAN DAN MENGHANGATKAN ASIP
  • ASIP beku dari freezer dicairkan terlebih dahulu di dalam kulkas selama 12 jam --> biasanya saya menyimpan ASIP beku ke chiller sore hari dan paginya ASIP sudah mencair
  • apabila lupa menurunkan ASIP beku bisa mengaliri botol ASIP beku dengan air, merendam botol ASIP dengan air yang lebih hangat beberapa kali hingga ASIP mencair.
  • hindari melakukan pencairan ASIP dengan suhu yg drastis, perubahan suhu yg bertahap dapat menjaga kandungan ASIP.
  • ASIP yang sudah cair (>50%) tidak dapat dicairkan kembali, tetapi bisa disimpan selama 24 jam.
  • Tidak ada aturan yang emnyatakan bahwa ASIP harus dihangatkan, apabila bayinya suka ASIP dingin tidak masalah untuk langsung diberikan. kalau pengalaman saya, anak saya bisa diberikan ASIP hangat maupun ASIP dingin :)
  • ASIP tidak boleh dihangatkan di microwave atau kompor karena dapat merusak kandungan ASIP akibat pemanasan, selain itu, dapat menimbulkan bintik panas dalam ASI yang dapat menyebabkan luka bakar di mulut dan kerongkongan bayi
  • ASIP hanya boleh dihangatkan maksimal pada suhu 40oC
  • Apabila ingin cepat bisa menggunakan bottle warmer dalam menghangatkan ASIP, banyak merk bottle warmer yang dijual di pasaran. saya menggunakan bottle warmer merk crown dengan harga Rp 110.000 di little dot Jln Bangau no 16 Palembang.  Cara penggunaannya biarkan botol ASIp diletakkan ke dalam bottle warmer, kemudian setting pada suhu 40oC (atau ada gambar dot), bottle warmer akan menghangatkan ASI dengan suhu bertahap. setelah hangat ambil botol ASIP dan berikan ke bayi.
MENGGABUNGKAN ASIP
Awal2 memompa ASI mungkin akan memperoleh hasil yang sedikit, saya pun demikian, awal2 mompa saya hanya dapat 20 ml, kemudian 50 ml, 100 ml, bahkan bisa mencapai 200 ml saat sudah mulai rutin mompa.
hasil pompa yg 20 ml itu tentu tanggung apabila langsung dimasukkan ke freezer, oleh karena itu bisa kita gabungkan dengan ASIP hasil perah berikutnya dengan syarat jarak waktu antar perah < 24 jam.
ASIP hasil perah pertama dimasukkan ke dalam botol dan disimpan di chiller (kulkas bawah), begitupun ASIP hasil perah kedua, ketiga, dst. Setelah suhu ASIP sama bisa digabungkan dan diletakkan di freezer apabila untuk stok. Toidak boleh menggabungkan ASIP yang telah beku, atau yg telah dihangatkan.

MANAJEMEN ASIP STOK
1. Jangan lupa beri tanggal, waktu perah, dan volume ASP yang diperoleh pada botol
    Berikan keterangan tanggal perah, waktu atau jam perah, dan jumlah hasil yang diperoleh saat memerah. hal tersebut memudahkan kita dalam penyimpanan.

2. Membuat tabel stok ASIP yang berisi no-tanggal-jenis botol-dan keterangan
    hal ini untuk memudahkan dalam mengambil stok2 ASIP di kulkas, karena stok yang diambil sebaiknya first in first out yaitu ASIP yang pertama kali kita masukkan merupakan ASIP yang akan kita ambil pertama juga. keterangan jenis botol memudahkan kita dalam melakukan pengambilan, sehingga tidak perlu lg mencari botol2 lainnya untuk melihat satu persatu tanggal. tabel keterangan saya isi dengan tanggal pengambilan, jadi kita tidak perlu mencari lg botol2 yang sudah terambil. Hal ini juga dapat membantu kita dalam mengetahui jumlah stok yang masih terdapat di dalam freezer.

3. Memberi ASI fresh dan stok pada bayi
    Saya biasa memberi ASI fresh hasil perah hari ini dan dari stok freezer untuk minum ASI bayi esok harinya. Misalkan bayi dalam sehari saat kita tinggal kerja menghabiskan 4 botol ASIP, maka saya akan menyiapkan 2 botol dari ASIP fresh hasil pumping kemarin, dan 2 botol dari ASIP beku freezer. Hal tersebut untuk menjaga asupan kandungan ASIP yang diperoleh bayi. Bukannya ASIP fresh lebih bagus, jd supaya seimbang saya lebih memilih seperti itu.

Demikian cerita mengenai Manajemen ASIP yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat. Salam ASI :)


 

2 komentar:

  1. saat saya tugas di luar kota,,ASIP saya simpan di freezer,,pada waktu perjalanan pulang ASIP yang saya bawa mencair >50%..akhirnya saya masukkan kulkas bagian bawah (kulkas 2 pintu)..kalau spt itu tahan brp lama untuk boleh di konsumsi bayi?
    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  2. saya pake warmer crown juga...itu kok malah lama ya angetnya...
    trus klo dibiarkan di warmer ga sefera diberikan gimana kualitas asi...tahan berapa lama di warmer?

    BalasHapus