Rabu, 25 Februari 2015

List Kebutuhan Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Sudah lama sekali rasanya tidak posting, maklum berhubung doublejob sebagai IRT dan workingmom, jd agak2 lupa posting di blog.
hari ini saya akan posting mengenai perlengkapan bayi, barangkali ini bermanfaat bagi new mom seperti saya dulu. karna seringkali banyak ibu2 baru kalap kalau lihat di mall2 banyak baju yg lucu2, padahal seringkali itu tidak bermanfaat saat anak kita lahir. banyak calon2 ibu yang tanya sama saya, apa sih perlengkapan bayi yang kita butuhkan diawal2 persalinan??
berdasarkan pengalaman saya maka saya tulis saja di blog ini, barangkali bisa bermanfaat bagi ibu2 baru seperti saya juga :)
KEBUTUHAN UTAMA BAYI
  • 1/2 lusin setelan baju tangan panjang + celana panjang ukuran newborn (*saya pakai merk fluffy, bahannya bagus dan adem)
  • 1/2 lusin baju atasan lengan pendek ukuran newborn (*saya pakai merk libby, bahannya juga bagus dan adem)
  • 1/2 lusin baju atasan tanpa lengan ukuran newborn (*saya pakai merk fluffy)
  • 1 lusin celana pendek (*saya pakai merk libby)
  • 1 lusin celana panjang ukuran 3-6 bulan (*saya pakai merk libby)
  • 1/2 lusin kaos kaki bayi warna-warni (*biar bisa dipakai dg machingkan di banyak baju :D)
  • 1 jaket bayi (ini jarang dipake, karena Palembang panas tp bermanfaat kalo lg pergi2 ke tempat dingin, sampai skg umur 1 tahun msh kepake :D)
  • 1/2 lusin topi, sarung tangan, sarung kaki warna-warni (*ini biasanya jualan ada yg seset gitu)
  • 1/2 lusin singlet ukuran S atau newborn (*anak saya ga pernah pake singlet, karena PAlembang panas :D)
  • 2 lusin popok kain/pernel/bedong (*saya beli kainnya dg bahan yg adem dan bagus, trus minta jait pinggir ke tukang obras --> lebih murah, banyak, dan bagus :)
  • 1/2 lusin gurita *OPTIONAL (*saya ga pake gurita, karena memang skg tidak direkomendasikan pakai gurita)
  • 1/2 lusin slabber/celemek/otto (kepakenya nanti pas mulai MPASI)
  • 1/2 lusin sapu tangan handuk (*saya pakai merk gerber)
  • 1 buah selimut topi (*saya pakai merk carter's)
  • satu set tas, gendongan, selimut topi tebal (*saya pakai merk baby scoots)
  • 1/2 lusin waslap 
  • 1 buah perlak kecil
  • 1 buah perlak besar (*bermanfaat kalau anaknya sudah banyak gerak)
  • 2 buah handuk
  • 1 buah kelambu kecil
  • 1 buah kelambu besar (*saya kesulitan pakai kelambu kecil, disamping kelambunya yg digerak2in oleh anaknya, juga kalau saya mau menyusui cukup sulit, jd saya pilih kelambu besar merk javan dan foldanet, harganya sekitar 300 rb dan msh kami pkaai sampai sekarang, soalnya kami menghindari penggunaan obat nyamuk kimia )
  • 1 set kasur bayi,bantal, guling (*punya kami tidak digunakan, karena anaknya tidak suka pakai bantal)
  • gendongan kain/jarit/kain panjang (*ini bermnafaat bagi yang bisa hehee
 
ini beberapa kebutuhan utama yang saya beli :)

Selain kebutuhan diatas saya juga membeli beberapa tambahan jumper dan pants merk carter's dan tutu karna lucu :D (*very recomended :)

ini perintilan waslap, slabber, topi, kaos kaki, dll

perlengkapan handuk, perlak kecil, sisir, gunting kuku, dll..

ini perlengkapan satu set gendongan, tas, selimut.

jaket bayi bahannya lembut sekali, sampai sekarang usia 1 tahun msh bisa dipakai :)
 
*kebutuhan utama ini saya beli di Pasar Baru Bandung, berhubung babyshop lokasi Palembang saya belum tahu banyak, jd saya beli perlengkapan ini di Bandung, karena bisa murah dan bagus2 hehe...*

PERLENGKAPAN MANDI DAN GANTI PAKAIAN
  • bak mandi (*merk lion star)
  • gayung bayi (*merk Puku)
  • ember (*merk lion star)
  • sabun
  • sampo
  • baby oil
  • baby cologne
  • diapers cream (*antisipasi takut ruam popok)
  • bedak
  • tissue basah
  • cotton buds
  • sisir
  • gunting kuku bayi
  • 1 pack newborn diapers (*saya pake merk mamy poko)
  • kapas bulat (*kalo mau hemat bisa beli kapas gulungan, trus di bulat2)
  • kassa steril
  • alkohol 70%
  • sedotan ingus (nose cleanser) (*saya pakai merk pigeon)
  • termometer digital *WAJIB
  • sleek detergen
 
perlengkapan ini saya beli di Istana Plastik Palembang, harganya lebih murah dibanding beli di mall atau tempat lainnya (lokasinya di simpang 4 charitas, seberang RM pagi sore, belakang Bank UOB)

perlengkapan mandi saya pakai merk zwitsal karena baca2 dr cerita2 ibu2 zwitsal lebih bagus kalo khawatirnya anak punya kulit sensitif, dan masih saya pakai sampai sekarang :)

perlengkapan2 lainnya

Selain perlengkapan2 diatas, saya juga beli baby bather merk deluxe, karena saya belum pernah dan belum bisa mandikan bayi baru lahir. dan ini sangat bermanfaat buat saya, ini saya pakai sampai anak saya bisa duduk sendiri sekitar 6 bulan :)

nah inilah kekalapan ibu2, hehee saya beli bouncer merk fisher price. awal2 dulu anak saya tidur nyenyak kalau di bouncer, tapi kalau sekarang sih sudah ga mau pake. hehe :)


KEBUTUHAN IBU
  • 6 buah Bra menyusui
  • 6 buah CD hamil
  • 4 buah gurita
  • breastpads
  • pembalut maternity
  • 6 buah kain sarung
  • kain jarit
 
Sekian dulu penjelasan dari saya mengenai list kebutuhan bayi baru lahir, intinya jangan terlalu kalap dan banyak2 beli barang bayi, karena bayi itu cepat besar loooo,, pasti sebulan dua bulan bajunya akan mulai sempit dan harus beli baru.. dan juga nanti pasti dapet banyak kado. hehehe :P oya kalau perlengkapan mandi beli ukuran kecil2 dulu saja, karena khawatir bayi kita tidak cocok kan jdnya ga rugi2 amat. hehe :P

























19 komentar:

  1. Maaf mba, boleh share hbs berapaan ya ? Semua yg dibelu diatas, untuk acuan saya yg mau nyicil jyga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya tergantung produk yg dibelinya ya mba, hehe... kalau ga salah dengan baby bouncer,dll saya habis sekitar 3 jutaan..

      Hapus
  2. Lengkap deh listnya.. Sampai gambarnya juga ada. Senang ya bisa menyambut buah hati tercinta..

    Penting untuk ibu baru, mewujudkan buah hati yang tumbuh optimal, sehat dan cerdas serta pengasuhan bayi yang fun dan bebas stress, silahkan cek disini.

    BalasHapus
  3. Lengkap banget persiapanya mba sipp bgt preparenya. coba pake pospak merek Pokana deh mba, harganya bersahabat kualitasnya juga bagus gk bikin ruam dan daya serapnya top bgt.

    BalasHapus
  4. mbak mau tanya bouncer nya masih dipakai nggak ?
    mau beli nih kalo nggak dipakai lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh maaf mba baru balas. bouncernya sih sudah ga kepakai mba. ada aja aku simpan. hehee... pasti mba udah ga butuh lagi kan.

      Hapus
  5. https://ceritaduniabunda.blogspot.co.id/2014/11/belanja-perlengkapan-bayi.html?showComment=1479979623408#c8700707583715650427

    BalasHapus
  6. Mba di palembang belanja dimana pakaian bayi nya ya?
    Kebetulan baru pindah palembang saya...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rekomendasi Baby shop di Palembang yang murah di MELODY mba di jalan veteran deket PO Ratu Intan, kalau dari simpang Charitas ada disebelah kanan.

      Trus d toko little dot di Jalan Bangau mba, jalan searah dr lapangan golf ke jl rajawali, tokonya berupa rumah ada tulisan kecil little dot sebelah kanan jalan.

      Hapus
  7. Mbak untuk bahan bedongnya pakai bahan apa ya? Kepengen coba beli meteran gt biar ekonomis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mom Nilam Betarina.
      Aku ga tau mom nama bahannya apa, yang pasti sih aku lihat langsung dan dirasa bahannya enak apa ga. kan beda tuh mba bahan yg bagus lebih lembut, enak dan ga kaku.

      Hapus
  8. Box Bayi
    Baby Tafel mua bagus bagus jadi gemes dan pengen punya box bayi buat dedeknya di rumah biar dedek bisa tidur di box bayi dan baby tafel

    BalasHapus
  9. Terimakasih ya tips nyaa,perlengkapan nya juga lucu-lucu:), kalau ibu memiliki tas atau perlengkapan bayi yang terkena kotoran atau debu yang menempel,dan belum sempat untuk membersihkan nya, ibu bisa mengantarkan perlengkapan nya ke The Paris Shoes bag loh.
    Laundry Tas di Medan

    BalasHapus
  10. Kalau di Semarang belanja perlengkapan baby yg lengkap dmna ya?

    BalasHapus
  11. Terimakasih informasinya, sangat pembantu bagi yang pemula punya baby :)

    Sweety Popok Bayi Comfort Gold

    BalasHapus
  12. boleh numpang promo ya.? siapa tau kakak juga minat.. :)

    Popok Bambo Nature di desain untuk meminimalisasikan resiko dari alergi dan ruam

    Jual Bambo Nature Size

    BalasHapus
  13. Beli kain apa untuk popoknya bun?

    BalasHapus